Travelinfo

Tips Jalan-Jalan ke Bogor dengan Uang 100.000

Wah, gila! Jalan ke mall 1 mil dari rumah aja bawa duit 500.000 gak cukup. Ini mau keluar kota cuma bawa uang buat naik angkot. Jangan takut, ini saya sudah rasakan pergi dari Tangerang ke Bogor, menginap 1 malam, cuma bawa uang 100.000 sama temen. Kita harus meniru kegigihan para backpacker Indonesia yang jalan-jalan ke luar negeri gak pernah bawa uang sebanyak budget Aurel Herman buat beli tas.

Kunci utama dari jalan-jalan hemat adalah, hindari gedung-gedung ber-AC dan tempat-tempat wisata mahal. Kalian gak perlu keluar gocek besar untuk menikmati kota Bogor yang antik dan kece ini. Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan mulai dari pemilihan menu makan, jajan, dan “nginep”yang irit ala backpacker.

via uangkuno-rupiah.blogspot.com

Hindari Naik Mobil Pribadi, Ganti Pake Kereta Commuter Line

Bagi kalian yang tinggal di daerah jabodetabek, gak usah manja jalan-jalan naik mobil. Pemerintah udah menyediakan kereta yang ramah lingkungan dan ramah dompet untuk masyarakat jabodetabek, yaitu kereta commuter line. Kamu cuma butuh uang sekitar 7.000-7.500 dari Tangerang ke Bogor sekali jalan (Tarif lainnya bisa dilihat di sini). Bolak-balik kota paling cuma keluar 15.000. Naik angkot bentar ke stasiun gak masalah kan?

Kita gak perlu cari angkutan lain dari Stasiun Bogor, karena keluar dari stasiun kita langsung sampai ke pusat kota. Di sana kita bisa langsung ketemu berbagai tempat wisata ternama di Bogor seperti Kebun Raya, Taman Topi, Museum, dan sebagainya. Budayakan BERJALAN KAKI. Jaraknya sama sekali gak jauh dan gak panas kayak di Jakarta.

Cari Makanan di Kaki Lima, Bukan di Restoran

Selain upaya untuk tahu diri, mencari makanan di kaki lima juga memberikan cita rasa khas dibandingkan rasa makanan di restoran. Kalian gak bakal ketemu rasa asli Bogor kalo nggak cobain makanan-makanan yang ada di pinggir jalan mulai dari Pasar Anyar sampai ke Jalan Padjajaran, kalian bisa temuin makanan-makanan dahsyat yang enak abis.

via en.wikipedia.com

Di Bogor, kalian harus mencoba Soto Mie khas Bogor, Roti Unyil, dan Bolu Talas Bogor (cari yang murah) yang gak didapatkan otentiknya selain di kotanya sendiri. Tempat yang eksklusif tidak menjamin resep masakan seenak buatan nenek moyangnya. Jadi mendingan kamu cari aja makanan di daerah Pasar Anyar dan Padjajaran itu.

Jalan ke Kebun Raya dan Museum

Di Bogor juga terkenal beberapa tempat bersejarah yang perlu kamu abadikan. Di Kebun Raya Bogor, teradapat taman yang luas yang dipenuhi oleh rusa-rusa imut di dalam pagar. Kamu bebas memegang dan melihat mereka dari luar pagar yang berada tepat di trotoar pusat kota.

Mungkin sebagian dari kamu juga belum tahu kalo taman yang luas di dalam Kebun Raya Bogor itu mengelilingi istana Presiden Indonesia zaman Soekarno dulu. Kamu hanya membayar tiket masuk sekitar 16.000 dan bebas mengunjungi istana Bogor dengan taman-taman itu selama waktu buka yang sudah ditentukan.

Di dalam Kebun Raya ini juga terdapat museum Botani, museum Zoologi, dan museum Historikal. Di pintu gerbang Kebun Raya Cibodas, kamu juga bisa melihat bunga bangkai yang tingginya lebih dari harapan hidup kamu (just kidding).

via news.ceriwis.net

Tidak jauh dari pusat kota, kamu bisa pergi ke Jalan Merdeka dan menemukan Museum Perdjoeangan yang menceritakan peristiwa-peristiwa di Bogor tahun 1957 dulu. Tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu 2.000 untuk anak sekolah dan 4.000 untuk orang dewasa (data terakhir tahun 2014). Jangan kaget kalo kamu melihat peninggalan-peninggalan yang sangat otentik, mulai dari senjata, naskah, hingga baju-baju Palang Merah yang masih tersisa noda darahnya.

via gadogadobogor.tk

Istirahat di Monumen Helikopter

Setelah lelah menjelajah di daerah kota, kalian bisa melepas penat sejenak di daerah Semplak, Bogor, untuk sekedar melihat-lihat lapangan TNI Angkatan Udara Atang Sendjaja di sana. Pada sore hari biasanya banyak orang yang suka duduk di bawah monumen helikopter untuk melihat lalu lintas mobil sambil mengenang tempoe doeloe. Kalo laper, kalian cari aja makanan daerah situ. Mereka tidak akan ke mana-mana kok, nungguin pelanggan yang ingin makan di daerah itu.

via hellobogor.com

Tidur di Masjid

Kalau sudah malam dan merasa lelah, kamu gak perlu khawatir untuk cari hotel atau vila di Bogor. Hampir di berbagai tempat ada Masjid atau Musholla untuk kamu menginap. Dijamin kamu bakal aman ditemenin sama Ustadz di sana sambil diceramahin tentang kebiasaan anak muda zaman sekarang. Kalo udah pagi, shalat dulu biar selamat di jalan dan jangan lupa kasih sedekah biar rezeki makin lancar.

Gimana, guys? Minat jalan-jalan ke Bogor waktu liburan?

Facebook Comments
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top